Sabtu, 12 Februari 2011

Kali Lagoa Kanal Alami Penyempitan

Akibat sedimentasi lumpur yang sejak lama tidak dikeruk, Kali Lagoa Kanal, Koja, Jakarta Utara, mengalami penyempitan. Jika hujan datang air yang seharusnya langsung mengalir ke laut, justru tertahan di pemukiman sehingga banjir pun tidak bisa dielakkan lagi bagi warga RW 05, 06, 07 dan 09. Warga berharap, kali yang telah menyempit itu segera dinormalisasi sehingga kali dapat menampung volume air yang lebih besar lagi.

Sarifuddin (54), tokoh masyarakat Koja, mengatakan selain karena lumpur air biasanya juga tertahan di gorong-gorong milik PT Jakarta International Container Terminal (JICT). Dijelaskannya, dulu lebar normal kali mencapai 15 meter, dan sekarang hanya tersisa 4 meter. "Kalau ini dibiarkan bisa makin menyempit, dan warga sekitar akan selalu kebanjiran," ujarnya, Sabtu (12/2).

Lurah Koja, Muhammad Andri, mengaku sudah mengusulkan normalisasi dalam Musrenbang Kecamatan dan ke walikota, karena pekerjaan normalisasi adalah wewenang Sudin PU Tata Air. Ia juga berharap agar keinginan warga bisa segera direalisasikan.

"Kita sudah usulkan dan sampaikan keinginan warga untuk segera dilakukan normalisasi. Namun, usulan tersebut belum juga direalisasikan," tandasnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger